Definisi dari Manajemen

Apa itu Manajemen: Definisi, Fungsi, Peranan Manajemen



·        Definisi manajemen

     Pengertian manajemen, manajemen adalah sekumpulan aktivitas yang terdiri dari planning organizing actuating controlling untuk mencapai tujuan suatu organisasi secara efektif dan efisien.

-apa saja yang dimaksud oleh efektif dan efisien dalam definisi manajemen?

·        Efektif adalah unjuk kerja yang sedikit mungkin menghasilkan sesuatu yang maksimal. Yang berarti kerja atau energi yang tidak boros tetapi hasilnya maksimal.

·        Efisien adalah sumber daya atau modal yang sekecil mungkin untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yakni manage yang berarti mengatur merencanakan mengelola dan memimpin. Istilah manajemen biasanya diidentikkan dengan dunia bisnis dan perkantoran. Manajemen sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis guna tujuan pribadi atau organisasi bisa tercapai. Adapun orang yang mengatur merumuskan dan melaksanakan tindakan manajemen disebut manager.

Pengertian manajemen menurut para ahli

1.      George R.Terry

       Manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan pengorganisasian penggerakan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2.      Herry fayol

         Manajemen adalah sebuah proses perencanaan pengorganisasian dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

3.      Ricky W. Griffin

         Manajemen adalah sebuah proses perencanaan proses organisasi proses koordinasi dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

 

Fungsi manajemen

·        Perencanaan (planning)

               Perencanaan adalah rangkaian proses pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

·        Pengorganisasian (organizing)

              Organizing atau pengorganisasian adalah rangkaian aktivitas pembagian tugas yang akan dikerjakan serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai tujuan perusahaan. Tujuan dari organisasi itu sendiri adalah dapat mengatur berbagai sumber daya manusia atau sumber daya lain dengan begitu sumber daya di dalam perusahaan dapat berfungsi secara optimal dan dapat melaksanakan peran dan fungsi masing-masing dengan baik.

·        fungsi penempatan

               Seorang pemimpin memiliki tugas menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, proses pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

·        Pengarahan (directing)

                Pengarahan yaitu suatu tindakan yang berupaya agar semua anggota kelompok dapat berusaha meraih tujuan yang sesuai dengan rencana manajerial tentang usaha. Tujuannya untuk mengarahkan atau mengendalikan pekerjaan makin efektif dan efisien.

·        Pengawasan (controlling)

               Tujuan controlling adalah untuk menilai pekerjaan yang telah dilakukan oleh seluruh sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Fungsinya untuk menentukan kualitas layanan atau produk yang dihasilkan perusahaan berjalan dengan baik atau tidak.

 

Peranan manajemen

·        Penanggung jawab dan pengendali

·        Pelaksana efektivitas POAC operasional organisasi sehari-hari

·        Melakukan SWOT analysis, analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan peluang dan ancaman dalam suatu proyek

·        Pengelolaan SDM dan sumber daya organisasi

·        menjalin akses dengan stakeholder

·        Pencapaian tujuan yang telah ditetapkan

·        Pengembangan perusahaan

·        Menyusun strategi kelangsungan hidup.

 

Sumber daya yang dikelola organisasi

·        Man (manusia)

·        Money (uang)

·        Material (fisik)

·        Machine (teknologi)

·        Method (metode)

·        Market (pasar)

 

Tujuan pengelolaan SDO (sumber daya organisasi)

·        Market standing: mengelola SDO untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan

·        Inovasi: kemampuan sumber daya manusia menjadikan itu sebagai kenyataan

·        Physical, financial resources: kepemimpinan biaya (bahan baku murah)

·        Profitability: pengelolaan SDO untuk memperoleh profit

·        Manajer performance and develop: manajer bertanggungjawab terhadap tujuan organisasi

·        Worker performance and attitude: karyawan harus mendapatkan perhatian dari perusahaan

·        Public responsibility: memajukan kesejahteraan rakyat, mencegah polusi, menciptakan lapangan kerja.

 

Keunggulan Bersaing Perusahaan

Berawal dari kepemimpinan biaya dan diferensiasi. Keunggulan biaya didapat dari teknologi produktif akses mudah untuk bahan baku dan lain-lain. Diferensiasi adalah memberikan ciri-ciri khusus kepada produk sehingga produk dianggap bernilai di benak konsumen.

 

Klasifikasi SDO

·        SDM: Kemampuan karyawan, kemampuan sistem, informasi prosedur organisasi yang membuat karyawan termotivasi dan inisiatif bekerja

·        Keuangan: Modal bisa dari keluarga atau dari bank perusahaan yang akan berusaha memberikan modal cukup untuk usahanya

·        Bahan baku: Bahan baku kualitas sama dengan pesaing tetapi harga lebih murah sehingga umur dalam persaingan

·        Mesin dan alat: Produktivitas tinggi membuat biaya per unit lebih kecil

·        Teknologi: IP tentang biologi dan rekayasa genetik dimanfaatkan untuk pertanian agar aman dari hama dan pendidikan tinggi

·        Pasar: perusahaan harus menawarkan produk yang disesuaikan kebutuhan dan keinginan pasar

·        Informasi: Untuk mengetahui besarnya kontribusi pelanggan terhadap pendapatan penjumlahan.


     Kelompok 1 (Dasar-dasar Manajemen)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Pengarahan: Definisi, Fungsi dan Faktor

Konsep Stakeholder Perusahaan

Hasil Rangkuman Presentasi Kelompok 3 Dasar-Dasar manajemen (Rafiqi)