Definisi dari Manajemen
·
Definisi manajemen
Pengertian
manajemen, manajemen adalah sekumpulan aktivitas yang terdiri dari planning
organizing actuating controlling untuk mencapai tujuan suatu organisasi secara
efektif dan efisien.
-apa saja yang dimaksud oleh efektif dan efisien dalam
definisi manajemen?
·
Efektif adalah unjuk kerja yang
sedikit mungkin menghasilkan sesuatu yang maksimal. Yang berarti kerja atau
energi yang tidak boros tetapi hasilnya maksimal.
·
Efisien adalah sumber daya atau
modal yang sekecil mungkin untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.
Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yakni manage
yang berarti mengatur merencanakan mengelola dan memimpin. Istilah
manajemen biasanya diidentikkan dengan dunia bisnis dan perkantoran. Manajemen
sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis guna tujuan pribadi atau organisasi bisa
tercapai. Adapun orang yang mengatur merumuskan dan melaksanakan tindakan
manajemen disebut manager.
Pengertian manajemen menurut para ahli
1.
George R.Terry
Manajemen
adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan pengorganisasian penggerakan
dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
2.
Herry fayol
Manajemen adalah sebuah proses
perencanaan pengorganisasian dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk
mencapai tujuan yang efektif dan efisien.
3.
Ricky W. Griffin
Manajemen adalah sebuah proses
perencanaan proses organisasi proses koordinasi dan proses kontrol terhadap
sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
Fungsi manajemen
·
Perencanaan (planning)
Perencanaan
adalah rangkaian proses pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan
penentuan strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
·
Pengorganisasian (organizing)
Organizing
atau pengorganisasian adalah rangkaian aktivitas pembagian tugas yang
akan dikerjakan serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai
tujuan perusahaan. Tujuan dari organisasi itu sendiri adalah dapat mengatur
berbagai sumber daya manusia atau sumber daya lain dengan begitu sumber daya di
dalam perusahaan dapat berfungsi secara optimal dan dapat melaksanakan peran
dan fungsi masing-masing dengan baik.
·
fungsi penempatan
Seorang
pemimpin memiliki tugas menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai dengan
kebutuhan. Dengan demikian, proses pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan
lebih efektif dan efisien.
·
Pengarahan (directing)
Pengarahan
yaitu suatu tindakan yang berupaya agar semua anggota kelompok dapat berusaha
meraih tujuan yang sesuai dengan rencana manajerial tentang usaha. Tujuannya
untuk mengarahkan atau mengendalikan pekerjaan makin efektif dan efisien.
·
Pengawasan (controlling)
Tujuan controlling
adalah untuk menilai pekerjaan yang telah dilakukan oleh seluruh sumber daya
manusia yang ada di perusahaan. Fungsinya untuk menentukan kualitas layanan
atau produk yang dihasilkan perusahaan berjalan dengan baik atau tidak.
Peranan manajemen
·
Penanggung jawab dan pengendali
·
Pelaksana efektivitas POAC operasional
organisasi sehari-hari
·
Melakukan SWOT analysis, analisis SWOT
merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi
kekuatan dan kelemahan peluang dan ancaman dalam suatu proyek
·
Pengelolaan SDM dan sumber daya organisasi
·
menjalin akses dengan stakeholder
·
Pencapaian tujuan yang telah ditetapkan
·
Pengembangan perusahaan
·
Menyusun strategi kelangsungan hidup.
Sumber daya yang dikelola organisasi
·
Man (manusia)
·
Money (uang)
·
Material (fisik)
·
Machine (teknologi)
·
Method (metode)
·
Market (pasar)
Tujuan pengelolaan SDO (sumber daya organisasi)
·
Market standing: mengelola SDO untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan
·
Inovasi: kemampuan sumber daya manusia
menjadikan itu sebagai kenyataan
·
Physical, financial resources:
kepemimpinan biaya (bahan baku murah)
·
Profitability: pengelolaan SDO untuk
memperoleh profit
·
Manajer performance and develop: manajer
bertanggungjawab terhadap tujuan organisasi
·
Worker performance and attitude: karyawan
harus mendapatkan perhatian dari perusahaan
·
Public responsibility: memajukan
kesejahteraan rakyat, mencegah polusi, menciptakan lapangan kerja.
Keunggulan Bersaing Perusahaan
Berawal dari kepemimpinan biaya dan diferensiasi. Keunggulan
biaya didapat dari teknologi produktif akses mudah untuk bahan baku dan
lain-lain. Diferensiasi adalah memberikan ciri-ciri khusus kepada produk
sehingga produk dianggap bernilai di benak konsumen.
Klasifikasi SDO
·
SDM: Kemampuan
karyawan, kemampuan sistem, informasi prosedur organisasi yang
membuat karyawan termotivasi dan inisiatif bekerja
·
Keuangan: Modal bisa dari keluarga atau dari bank perusahaan yang akan berusaha memberikan modal
cukup untuk usahanya
·
Bahan baku: Bahan baku kualitas sama dengan pesaing tetapi harga lebih murah
sehingga umur dalam persaingan
·
Mesin dan alat: Produktivitas tinggi membuat biaya per unit lebih kecil
·
Teknologi: IP tentang biologi dan
rekayasa genetik dimanfaatkan untuk pertanian agar aman dari hama dan
pendidikan tinggi
·
Pasar: perusahaan harus menawarkan produk
yang disesuaikan kebutuhan dan keinginan pasar
· Informasi: Untuk mengetahui besarnya kontribusi pelanggan terhadap pendapatan penjumlahan.
Kelompok 1 (Dasar-dasar Manajemen)
Komentar
Posting Komentar